Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan tiga perguruan tinggi yang terbaik di tanah air untuk saat ini. Tidak berlebihan rasanya bila dikatakan pula ketiganya adalah raksasa perguruan tinggi di Indonesia karena dari tahun ke tahun ketiganya selalu berada di posisi tiga besar Indonesia dan masuk 400 perguruan tinggi kelas dunia (lihat daftar peringkat di bawah). Tak diragukan lagi bahwa perguruan tinggi yang kesemuanya berlokasi di Pulau Jawa tersebut telah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas dan berintelektual tinggi. Banyak dari lulusannya yang sukses menjadi pembantu presiden, dokter, ilmuwan, direktur, profesor, pengusaha, anggota dewan, dan lain sebagainya yang memegang peranan penting di tengah-tengah masyarakat.

UI yang terletak di Kota DepokJawa Barat berdiri pada tahun 1849 dengan nama “Sekolah Dokter Jawa” dan pada tahun 1954 secara resmi berubah nama menjadi “Universitas Indonesia”, memiliki fakultas unggulan seperti fakultas kedokteran, MIPA, hukum, psikologi, dan ekonomi. Telah meluluskan lebih dari 400 ribu alumni, salah satu alumni UI yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II adalah Jero Wacik yang menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, lulus tahun 1983 sebagai sarjana dari fakultas ekonomi. Pada KIB I pria kelahiran Singaraja – Bali tahun 1949 ini pun menjabat di posisi yang sama.

UGM yang berlokasi di Kota Gudeg YogyakartaD.I. Yogyakarta ini pun tak mau kalah dengan UI dan ITB. Hampir sama dengan UI, universitas yang berdiri secara resmi tanggal 19 Desember 1949 mempunyai fakultas unggulan seperti fakultas kedokteran, MIPA, psikologi, teknik, sosial politik, dan hukum.

Jika alumni dari UI ada Jero Wacik sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata di KIB II, UGM punya Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. H.E yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum di KIB II. Sosok menteri ini lahir di Pengging – Jawa Tengah tanggal 5 Juli 1943 dan menyelesaikan pendidikan sarjananya tahun 1969 jurusan teknik sipil.

ITB yang tentunya berlokasi di Kota Kembang BandungJawa Barat lebih dikenal sebagai perguruan tinggi yang melahirkan lulusannya ahli dalam bidang teknik karena memiliki fakultas yang sebagian besar berkonsentrasi pada teknik/teknologi yang menjadi unggulannya. Fakultas unggulan yang banyak diminati yaitu fakultas teknologi industri, teknik elektro & informatika, teknik mesin & dirgantara, teknik sipil & lingkungan, teknik pertambangan & perminyakan, dan lain sebagainya. Selain berkonsentrasi pada teknik, adapula fakultas seni rupa & desain, dan MIPA yang menjadi fakultas favorit para calon mahasiswa/mahasiswa yang ingin/sedang menempuh pendidikan di kampus tempat almarhum Ir.Soekarno pernah menimba ilmu.

Selain almarhum Ir.Soekarno, Menteri Negara Riset dan Teknologi di KIB II Suharna Surapranata yang sekaligus juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PKS merupakan alumni dari ITB jurusan teknik fisika.

Di bawah ini ialah daftar peringkat ketiga perguruan tinggi, baik peringkat secara nasional, regional, maupun dunia berdasarkan hasil penilaian dari TopUniversities.

Peringkat Universitas
Indonesia Asia Dunia
1 50 201 Universitas Indonesia (UI)
2 63 250 Universitas Gadjah Mada (UGM)
3 80 351 Institut Teknologi Bandung (ITB)

(Cahyana Putra)